Wednesday 11 March 2015

Danny Welbeck, Striker Terbaik yang Diorbitkan Sir Alex Ferguson.

Gol dari Danny Welbeck membuat Arsenal menyingkirkan MU 2-1 di semifinal piala FA 2014/2015. Hal ini mungkin cukup menyedihkan bagi para pendukung MU. Sebelum memperkuat Arsenal awal musim ini, Welbeck adalah pemain MU. Wellbeck bahkan asli adalah lulusan akademi MU. Danny Wellbeck adalah yang terbaik diantara striker-striker MU produksi sendiri yang diorbitkan oleh Sir Alex Ferguson.

Sir Alex Ferguson adalah seorang pelatih legendaris, yang terkenal akan kemampuannya menangani pemain muda. Banyak pemain hebat yang dididik di akademi MU dan mengawali debutnya dibawah asuhan Ferguson, Diantaranya Ryan Giggs, David Beckham, Paul Scholes, Gary Neville, Philip Neville dan Nicky Butt. Namun mereka semua adalah bek atau gelandang, bukan penyerang.

Ternyata Ferguson tidak terlalu mumpuni dalam hal menghasilkan striker. Dari 56 penyerang yang permain untuk MU dimasa kepemimpinannya, kebanyakan nama-nama tersohor didapat dari hasil transfer, bukan lulusan akademi MU. Sebut saja Ruud van Niltelrooy (dari PSV Eindhoven), Robin van Persie (dari Arsenal), Carlos Tevez (dari West Ham), Dwight Yorke (dari Aston Villa), Ole Gunnar Solksjaer (dari Molde), Alan Smith (dari Leed United), Louis Saha (dari Fulham), Wayne Rooney (dari Everton), Michael Owen (dari Newcastle United), Henrik Larrson (dari Helsingborgs IF), Diego Forlan (dari Independiente), Andy Cole (dari Newcastle United), Eric Cantona (dari Leeds United), Dimitar Berbatov (dari Tottenham Hotspurs) dan Teddy Sheringham (dari Tottenham Hotspurs).

Yang kita sebut sebagai striker didikan Ferguson adalah striker yang sempat mengecap pendidikan di akademi MU dan melakukan debutnya bermain untuk MU di premier league dibawah asuhan Ferguson. Striker seperti Mark Hughes dan Norman Whiteside bukan didikan Ferguson. Walaupun mereka memang didikan MU dan cukup lama malang melintang di MU, Hughes dan Whiteside sudah lulus dari akademi sebelum Ferguson datang ke MU.

Umumnya striker lulusan akademi MU kesulitan untuk bersaing dengan para penyerang kelas dunia yang datang ke Old Trafford dari bursa transfer. Diantara striker didikan Ferguson kita temui nama Fraizer Campbell. Menjalani debut tahun 2006, dia hanya sempat dua kali memperkuat MU tanpa mencetak gol, penyerang ini ke sempat dipinjamkan Royal Antwerp, Hull City dan Tottenham Hotspurs, sebelum akhirnya dilepas tahun 2009. Karirnya cukup bagus. Saat ini Campbell menjadi andalan klub EPL Crystal Palace.

Striker didikan Ferguson lainnya adalah Federico Macheda. Walaupun sempat terlihat menjanjikan pada tahun debutnya 2008, Macheda sulit menembus tim inti. Setelah sempat mencetak 4 gol dalam 19 pertandingan untuk MU, Macheda sempat dipinjamkan ke sejumlah klub: Sampdoria, QPR, Stuttgart. Doncaster Rovers dan Birmingham City. Awal musim ini Macheda dilepas MU dan saat ini menjadi andalan Cardiff City di divisi Championship.

Striker bertalenta didikan Ferguson lainnya adalah Guiseppe Rossi. Debut tahun 2004, Rossi hanya sempat mencetak 1 gol dalam 5 pertandingan bersama MU. Setelah sempat dipinjamkan ke Newcastle United dan Parma, Rossi justru bersinar setelah tak lagi memperkuat United. Penampilannya cukup cemerlang bersama Villareal dan lalu Fiorentina.

Tapi striker terbaik didikan Ferguson tak pelak lagi adalah Danny Welbeck. Menjalani debut tahun 2008, Welbeck juga sempat menjalani masa peminjaman ke Preston North End dan Sunderland. Wellbeck bertahan di MU sampai tahun 2014. Dia mencatatkan 20 gol dalam 90 pertandingan. Wellbeck cukup berkontribusi dalam kesuksesan MU menjuarai EPL 2012-2013.

Penyerang MU didikan Ferguson yang paling mendekati pencapaian Wellbeck adalah Mark Robins yang memperkuat MU tahun 1988 sampai 1992. Walaupun bukan pilihan utama, Robins mampu mencetak 11 gol dalam 48 penampilannya bersama MU.

Referensi:
1. Foto Danny Welbeck.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA