Friday 4 September 2015

Anthony Martial dan Tradisi Transfer Mahal Pemain Remaja Oleh MU

Anthony Martial didatangkan Manchester United dari Monaco dengan harga sangat mahal. Nilai transfer pemain Perancis yang masih 19 tahun ini adalah 36 juta poundsterling atau sekitar 49 juta euro. Ini adalah rekor transfer termahal sepanjang sejarah untuk pemain remaja usia belasan.

Musim lalu Martial mencetak tampil dalam 35 partai ligue 1 bersama Monaco, dengan 18 partai diantaranya Martial tampil sejak menit awal. Musim lalu Martial mencetak 9 gol di ligue 1. Martial adalah top skorer Monaco musim lalu, lebih tajam dari striker veteran Dimitar Berbatov yang hanya mencetak 7 gol.

Tetap saja transfer mahal Anthony Martial mengundang pertanyaan. Bijaksanakah langkah MU menginvestasikan 36 juta poundsterling untuk merekrut remaja yang belum berpengalaman? Apalagi saat ini lini depan MU bermasalah dengan ketajaman.

Mari kita lihat daftar 6 transfer pemain remaja yang sebernilai 30 juta euro atau lebih, diolah dari data goal.com:
1. Anthony Martial (19 tahun), September 2015, dari Monaco ke Manchester United.
2. Luke Shaw (18), Juni 2014, dari Southampton ke Manchester United. .
3. Wayne Rooney (18), Agustus 2004, dari Everton ke Manchester United.
4. Javier Saviola (19), 2001, dari River Plate ke Barcelona.
5. Anderson (19), Juli 2007, dari FC Porto ke Manchester United.
6. Marquinhos (18), Juli 2013, dari AS Roma ke Paris Saint-Germain.

Terlihat bahwa MU seperti punya "tradisi" untuk membeli pemain remaja dengan harga mahal. Jelas bahwa MU mendominasi daftar diatas. Sebelum perekrutan Martial ada Wayne Rooney, Luke Shaw dan Anderson.

Wayne Rooney layak menjadi panutan bagi Martial. Striker yang sudah bertahan 11 tahun di MU ini mencetak 170 gol dalam 344 pertandingan EPL bersama MU. Di kompetisi Eropa Rooney mencatatkan 36 gol dari 87 pertandingan. Rooney memenangkan liga Champions 2007-2008 bersama MU, plus raihan lima gelar juara EPL.

Luke Shaw adalah remaja sepantaran Anthony Martial. Shaw masih berada di jalur yang tepat untuk menjadi bintang. Diawal musim ini Shaw adalah bek kiri pilihan utama pada empat partai EPL yang sudah dimainkan MU.

Tapi menjadi pemain MU bukanlah jaminan sukses atau status pemain bintang. Anderson adalah contohnya. Tujuh tahun sejak didatangkan dari FC Porto, Anderson masih belum berhasil menjadi pilihan utama di MU.

Kita tunggu kiprah Anthony Martial bersama Manchester United.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA