Wednesday 2 September 2015

Klub-Klub Sepakbola Pertama Indonesia

Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia berdiri tahun 1930 atas inisiatif Ir Suratin. PSSI didirikan dengan semangat kebangsaan. Berdiri dimasa penjajahan Belanda, dengan semangat sumpah pemuda, nama PSSI menggunakan kata "persatuan" dan "Indonesia" yang menunjukkan semangat kebangsaan.

Tentu saja Ir Suratin tidak mendirikan PSSI sendirian. Ada tujuh tim sepakbola yang mendirikan PSSI bersamanya. Mereka klub-klub sepakbola pertama Indonesia.

Persatuan Sepakbola Indonesia Mataram atau PSIM Yogyakarta masih memakai nama PSM (Persatuan Sepakraga Mataram) pada saat mendirikan PSSI. Saat ini tim perserikatan yang bermarkas di Yogyakarta itu berada di divisi utama, kasta kedua ISL. Satu-satunya prestasi juara dari tim yang berdiri sejak 5 September 1929 itu adalah kampiun kompetisi Perserikatan pada tahun 1932.

Persatuan Sepakbola Indonesia Solo adalah pioneer lainnya. Persis Solo berdiri sebagai Vortenlandsche Voetbal Bond (VVB) pada 8 November 1923. Mereka adalah klub kuat pada masa sebelum kemerdekaan, dengan torehan tujuh gelar juara perserikatan pada masa itu. Seperti PSIM, Persis Solo saat ini juga berada di divisi utama, kasta kedua ISL.

Klub berikutnya adalah Peserikatan Paguyuban Sepak Bola Magelang. PPSM Magelang didirikan pada 15 Maret 1919 sebagai Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM). Seperti halnya PSIM dan Persis, mereka berkompetisi di divisi utama.

Persebaya Surabaya saat ini dalam keadaan sengketa. Klub Persebaya yang diakui PSSI saat ini berada di kasta utama ISL. Klub tandingannya adalah Persebaya 1927, yang lebih populer dimata suporter karena dianggap sebagai Persebaya yang asli.

Persebaya berdiri pada 18 juni 1947 sebagai Soerabajashe Indonesische Voetbal Bond (SIVB). Mereka adalah klub kuat dalam sejarah sepakbola Indonesia. Persebaya mengoleksi 3 gelar juara liga Indonesia dan 6 gelar juara perserikatan.

Persija Jakarta berkompetisi di ISL. Dulunya mereka bernama Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ). Mereka dikenal sebagai tim kuat yang mengoleksi 1 gelar juara liga Indonesia dan 9 gelar juara perserikatan.

Tidak ada kabar jelas tentang keberadaan PSM Madiun, yang dulunya bernama Madioensche Voetbal Bond (MVB). Sepertinya klub ini sedang tidak aktif. Kabarnya mereka bahkan tidak ikut berkompetisi di liga nusantara.

Satu lagi klub pioneer sepakbola Indonesia adalah Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (BIVB). Mereka sudah bubar sejak tahun 1933.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA